Biarkan air mata ini mengalir bersama dengan dosa-dosa yang teringat. Lelapkan semua kesemuan dunia yang hanya sementara. Bukalah sedikit matamu untuk melihat dunia yang abadi, telungkupkanlah tanganmu untuk memberi... Berikan senyummu agar orang lain merasakan kabahagiaanmu... mari lukis perasan hati mencintaiNya dengan keimanan dan ketakwaan. Bismillah...

Senin, 26 Mei 2014

ODOJ dan ODHALF..


ODOJ                     : ONEDAY-ONE JUZ
ODHALF               : ONEDAY HALF JUZ

    RUMAH QUR’AN. Komunitas Pecinta Qur’an yang menggagas berdirinya program ODOJ benar-benar komitmen dengan tujuan utama dibentuknya komunitas ini. Tujuan membumikan Al-Qur’an di hati, Melangitkan Manusia menjadikan Insan-insan menyadari apa arti hidup didunia ini. Seberapapun kekayaan, setinggi apapun jabatan, seelok apapun paras. Semua itu tak khan ada yang kita bawa manakala kita menghadapi sakaratul maut, menuju kepada-Nya.
Ber-Oneday-OneJuz memang membutuhkan proses. Bukan hanya kemampuan membaca Al-Qur’an, tetapi komitmen terhadapnya menjadi penentu keexisan seorang Odojer (sebutan bagi komunitas ini). Berapa banyak diantara kita yang mahir membaca Qur’an, berapa banyak diantara kita yang tahu pentingnya mentadaburi Qur’an, tetapi banyak diantaranya yang “TIDAK MAMPU” untuk bergabung dengan Komunitas ini.
ODHALF , adalah Terobosan baru dari Rumah Qur’an yang bertujuan meng-akomodir para “SIBUKer” (sebutan bagi orang-orang yang super sibuk) agar tetap dapat ambil bagian dalam Dakwah ini, agar dapat bergabung dan memiliki komitment terhadap Kitab Suci Al-Qur’an meski disela-sela padatnya kesibukan mereka.
ODHALF : 1 Hari setengah Juz adalah realistis sekali bagi kita yang memiliki kesibukan luar biasa, baik sibuk dengan pekerjaan, keluarga maupun urusan duniawi lainya.
Lebih realistis apabila dikaitkan denga waktu untuk bertilawah ½ Juz sehari. Perhitunganya adalah sbb:
1 JUZ                          : 10 lembar (20 halaman)
½ JUZ                         : 5 lembar (10 halaman)
1 halaman                    : 2 menit ( 10 halaman = 20 menit)
1 Hari (24 Jam)           : Dari 24 jam waktu kita, hanya butuh menisihkan 20 menit per hari
1 hari ( 5 X sholat )      :20 menit / 5 = 4 menit
Jadi untuk Tilawah ½ JUZ per hari, kita hanya butuh waktu 4 menit setiap waktu sholat, jika di perinci maka kita butuh 2 menit sebelum sholat dan 2 menit setelah sholat. Tanpa terasa kita akan menyelesaikan ½ JUZ per hari.
Waktu yang sangat sedikit jika dibandingkan kesibukan kita meeting dengan kolega, makan siang dengan rekan kerja atau lebih extreme hanya “secuil” jika disbanding waktu tidur kita. Namun waktu yang sedikit tersebut ternyata yang akan diperhitungkan oleh Alloh kelak di hari kiamat.
Adakah diantara kita yang masih belum bisa meluangkan waktu 2 menit sebelum/setelah sholat ??