Biarkan air mata ini mengalir bersama dengan dosa-dosa yang teringat. Lelapkan semua kesemuan dunia yang hanya sementara. Bukalah sedikit matamu untuk melihat dunia yang abadi, telungkupkanlah tanganmu untuk memberi... Berikan senyummu agar orang lain merasakan kabahagiaanmu... mari lukis perasan hati mencintaiNya dengan keimanan dan ketakwaan. Bismillah...

Kamis, 23 Juli 2015

Ingin Kuliah Study Meteorologi ITB

Mata Kuliah Wajib Program Sutdy METEOROLOGI

Anak saya yang pertama saat ini duduk di kelas 9, masih terlalu lama untuk kejenjang Perguruan Tinggi karena harus menyelesaikan pendidikan SMU 3 tahun lagi.
Tak seperti anak-anak lainya, begitu sulit saya mengorek keterangan mengenai cita-cita dan ingin jadi apa anak saya kedepan. Tetapi akhir-akhir ini mulai terkuak, bahwa dia suka sekali dengan iklim-perubahan cuaca-geografi suatu negara dll.Bahkan ia mulai bercita-cita pingin bekerja di BMKG. Oleh karenanya tak ada salahnya saya mencoba mencari-cari kira-kira fakultas dan jurusan apa yang bakal diambil anak saya pada saatnya nanti. Terlepas dari cita-cita seseorang yang "berubah-ubah" seiring berjalannya waktu.

Nah rupanya di ITB ada jurusan Meteorologi dan geofisika, tetapi kedua jurusan tersebut tidak jadi satu fakultas. Jadilah saya mencoba mengupas salah satunya, Jurusan Meteorologi.
 
Dalam menempuh pendidikan di Program Studi Meteorologi mata kuliah yang di ambil tidak hanya berasal dari Program Studi Meteorologi, namun mengikutsertakan juga mata kuliah di program studi lain seperti Program Studi Matematika, Fisika, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, dan atau pilihan lainnya. Penjelasan lebih lengkap mengenai kuliah-kuliah yang diberikan oleh program studi lain bisa diperoleh dari program studi yang bersangkutan.
Mata kuliah wajib  yang diselenggarakan oleh Program Studi Meteorologi adalah sebagai berikut :
JURUSAN GEOFISIKA ?

Jurusan Geofisika ITB sendiri lebih mengarah ke bidang Explorasi Bumi dan Gas, karena Jurusan Geofisika memang berada di Fakultas Tehnik Perminyankan dan Pertambangan . Sedangkan Jurusan Meteorologi berada di Fakultas Kebumian.
Lulusan dari kedua Jurusan tersebut sebenarnya banyak dibutuhkan, baik oleh Perusahan swasta maupun Departemen dalam negeri. Pun demikian "jarang" siswa-siswi SMU yang sejak awal memilih jurusan ini, sehingga menjadi kurang "ngetrend".

semoga bermanfaat bagi yang lain....