Biarkan air mata ini mengalir bersama dengan dosa-dosa yang teringat. Lelapkan semua kesemuan dunia yang hanya sementara. Bukalah sedikit matamu untuk melihat dunia yang abadi, telungkupkanlah tanganmu untuk memberi... Berikan senyummu agar orang lain merasakan kabahagiaanmu... mari lukis perasan hati mencintaiNya dengan keimanan dan ketakwaan. Bismillah...

Jumat, 06 September 2013

Boarding School...Apa Itu ?



Oleh : Abu MAjid
Jauh-jauh hari sebelum pengumuman kelulusan Ujian Nasional, sekolah-sekolah berbasis Asrama atau Boarding atau juga sekolah FullDay setingkat SD sampai SMU  sudah membuka pendaftaran siswa baru, yang biasanya dimulai  sekitar bulan Nopember atau Desember, sedangkan tahun ajaran baru akan dimulai sekitar bulan juni atau juli.Waktu yang panjang memungkinkan para orangtua untuk dapat memilih sekolah dengan lebih baik. Bagi orangtua dan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah Boarding, waktu yang panjang dapat dimanfaatkan untuk melakukan survey terlebih dahulu kebeberapa sekolah yang dituju.
 Momen liburan, selain mudik berlebaran orangtua juga dapat sekalian ber”wisata” pendidikan dengan mendatangi langsung sekolah-sekolah Asrama yang telah menjadi referensi. Waktu liburan sangat tepat, karena calon siswa dapat ikut menjelajah dengan maksud agar dapat menangkap secara fisik dan visual bagaimana suasana di sana.Ini menjadi sangat penting  baginya mengingat dia nanti yang akan menghabiskan waktu bertahun-tahun tinggal disana.
Komunikasi antara Orangtua dan anak mutlak dibutuhkan, jangan sampai si anak suka sekolah A sedangkan orangtuanya suka sekolah B. Jangan lupa menggali sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan saat bertemu dengan panitia penerimaan siswa baru.Yang terpenting adalah mengetahui fasilitas yang tersedia seperti  asrama, sarana olahraga, waktu kunjungan orangtua serta piranti penunjang belajar mengajar dll.
Nah … faktor penting yang tak boleh dilupakan dan diabaikan adalah pendapat anak kita Tanyakan bagaimana perasaannya ? Gali juga keinginannya tentang sekolah yang diidamkannya. Akan lebih berhasil kelak proses belajar siswa bila masuk sekolah berasrama atas kehendak sendiri. Bila ada unsur paksaan biasanya siswa cenderung kurang berhasil bahkan ada yang keluar karena tidak sesuai dengan keinginannya
Perlu diketahui juga bahwa tes masuk ke sekolah berasrama tidak sama antar sekolah satu dengan lainya, baik materi,waktu serta biayanya. Namun umumnya adalah meliputi Tes kesehatan, tes kemampuan akademik, baca tulis Al Quran, dan wawancara. Ada juga sekolah yang memakai psikotes.

Alasan Memilih Sekolah Ber-Asrama / Boarding School

Bagi sebagian besar kita yang tinggal dibontang dengan iklim religi yang cukup baik, sekolah Boarding bukan lagi menjadi alternative, tetapi telah menjadi kebutuhan atau pilihan. Seperti halnya saya, sebagai orangtua yang merasa tidak mempunyai kemampuan untuk membekali anak dengan nilai-nilai agama yang memadai, memilih sekolah Boarding adalah “wajib”. Namun jika kita “keluar” sebenarnya pergeseran paradigma terhadap pendidikan anak tidak hanya terjadi di bontang saja. Sebagian besar memiliki alasan yang sama, yaitu kebutuhan akan muatan religi. Dengan harapan akhlak sholeh/sholehah dapat terbentuk disana. Sebagai bekal untuk membentengi diri dari “zaman technologi”. Selain itu kesibukan pekerjaan orangtua juga menjadi alasan kedua mengapa Boarding School menjadi pilihan para orangtua yang keduanya bekerja diluar rumah.
Problem dikota-kota besar sedikit berbeda dengan kota-kota kecil seperti bontang. Seorang pakar pendidikan mengatakan Jarak yang jauh antara lokasi sekolah dengan tempat tinggal menjadi salah satu kendala bagi siswa untuk dapat belajar  secara efektif. Di Jakarta, Bandung, Bekasi dan daerah sekitarnya, kemacetan merupakan hal yang paling sering ditemui setiap harinya, terutama di pagi dan sore hari. Pada pagi hari, tidak hanya siswa yang akan berangkat sekolah, tapi juga para pekerja juga akan pergi bekerja – terlebih bagi para pekerja yang lokasi kantor dan tempat tinggal jauh. Beberapa saat yang lalu ketika saya mengantar anak sekolah ke Bandung, pemandangan “tumpah” nya para pekerja dan para siswa sangat nyata terlihat. Para pelajar yang tinggal jauh dari sekolah harus berangkat lebih awal agar tidak terlambat mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dan juga untuk menghindari kemacetan di pagi hari. Pada siang hari ataupun sore hari, ketika para pelajar yang hendak pulang ke rumah, juga perlu menghadapi kemacetan di jalan.
Kemacetan tidak hanya menghabiskan tenaga untuk menunggu hingga lalu lintas menjadi lancar, tapi juga menyita waktu bagi yang korban macet ini – waktu yang sebenarnya dapat digunakan untuk melakukan hal lain pun, hanya bisa digunakan untuk menunggu agar bisa terbebas dari kondisi macet tersebut.(Budaya di Jepang, yang setiap waktu dapat dimanfaatkan dalam berbagai kondisi tidak bisa diterapkan di Negara kita)
Bagi para pelajar, terutama siswa SMP, yang perlu beradaptasi dengan transisi cara belajar dari SD ke SMP waktu adalah suatu hal yang penting. Pemilihan SMP dengan lokasi tidak strategis dari tempat tinggal dapat menjadi kendala siswa untuk beradaptasi. Maka bagi kita orangtua selain lokasi, kualitas dari SMP tersebut perlu diteliti.
Dari berbagai masalah diatas, maka wajar jika para pakar pendidikan menyarankan satu solusi yang tepat bahwa akan sangat bijak jika para pelajar tersebut masuk ke dalam SMP Berasrama (SMP Boarding School). Dalam SMP berasrama mereka tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menghadapi macet, yang sebenarnya dapat digunakan untuk menjadi waktu belajar dan bersosialisasi dengan teman-teman sebaya. Para pelajar juga dapat belajar bersama lebih intensif dibandingkan dengan jika kondisi sekolah jauh dari lokasi tempat tinggal.
Tidak hanya dari sudut siswa, para orang tua juga merasa tenang dengan menyekolahkan anaknya di SMP berasrama karena anak mereka yang akan lebih fokus belajar dibandingkan menghabiskan waktu untuk menghadapi kemacetan baik di ketika berangkat sekolah ataupun pulang sekolah yang dapat menyita tenaga lebih dan mengurangi konsentrasi dan tenaga anaknya untuk belajar di sekolah dan di rumah……(Abu Majid )