Biarkan air mata ini mengalir bersama dengan dosa-dosa yang teringat. Lelapkan semua kesemuan dunia yang hanya sementara. Bukalah sedikit matamu untuk melihat dunia yang abadi, telungkupkanlah tanganmu untuk memberi... Berikan senyummu agar orang lain merasakan kabahagiaanmu... mari lukis perasan hati mencintaiNya dengan keimanan dan ketakwaan. Bismillah...

Senin, 23 September 2013

Program Bayi Tabung: Solusi Bagi Masalah Kesuburan



      Kehadiran program bayi tabung di era modern saat ini, merupakan jawaban atas segala masalah kesuburan. Program kehamilan yang sebelumnya mustahil terjadi, kini bisa diwujudkan melalui bayi tabung.
“Tingkat keberhasilannya pun makin meningkat, seiring dengan kemajuan teknologi,” kata Irham Suheimi, dokter spesialis kandungan dan fertilitas Morula IVF RS Bunda Margonda, Menurutnya, dengan perkembangan teknologi pengobatan dan laboratorium, program bayi tabung kini tak lagi memakan waktu lama. Pengambilan telur tidak perlu melalui pembedahan, tapi cukup dengan kateter khusus. Pasien hanya dibius ringan sekitar 20 menit, tanpa luka.
Telur kemudian dibuahi oleh sperma di dalam cawan laboratorium, sebelum bertumbuh menjadi embrio. Hanya butuh waktu 3-5 hari sebelum embrio ditanam di rahim ibu. Dua minggu setelah itu, pasien sudah bisa mengetahui apakah positif hamil atau tidak.
“Biaya untuk program bayi tabung ini berkisar Rp45 juta-Rp50 juta,” ujar Irham.

       Dia menuturkan ketika teknologi kesehatan belum secanggih sekarang, saat dihadapkan pada kondisi di mana sperma suami kurang sehat, dan beragam permasalahan kesuburan lainnya, sudah pasti harapan memiliki keturunan akan sirna seketika.“Tapi, semenjak program bayi tabung mulai diperkenalkan di negeri ini, ada setitik harapan bersinar di wajah para pasangan yang memang kesulitan memiliki keturunan,” ungkapnya.
Erica Elisabeth Hutrianti Pakpahan, seorang bayi perempuan mungil dengan berat badan 29,60 kg, dan panjang badan 47 cm. dari pasangan Bernad dan Christine, Bayi ini lahir melalui operasi cesar. Erica merupakan bayi tabung pertama yang lahir di RS Bunda Margonda. “Ini menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan program bayi tabung, sudah meningkat pesat di Indonesia,” ujar Irham yang berhasil menolong persalinan Christine pada 17 Agustus 2013. (Kabar24.com)

 10 Tahapan Proses Pembuatan Bayi Tabung

      Secara sederhana, bayi tabung adalah proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh ibu, istilahnya in vitro vertilization (in vitro bahasa latin, artinya “dalam gelas atau tabung,” vertilization artinya pembuahan). Dalam proses bayi tabung, sel telur matang diambil dari indung telur ibu, dibuahi dengan sperma di dalam medium cairan. Setelah berhasil, embrio kecil yang terjadi dimasukkan ke rahim dengan harapan berkembang menjadi bayi.

Berikut 10 tahapan dalam proses pembuatan bayi tabung:
  1. Seleksi pasien. Apakah Anda dan suami layak mengikuti program bayi tabung. Bila layak, baru bisa masuk dan mengikuti program bayi tabung.
  2. Stimulasi atau merangsang indung telur untuk memastikan banyaknya sel telur. Secara alami, sel telur hanya satu. namun untuk bayi tabung, perlu lebih dari sati sel telur untuk memperoleh embrio.
  3. Pemantauan pertumbuhan folikel (cairan berisi sel telur di indung telur) melalui ultrasonografi. Tujuannya, melihat apakah sel telur sudah cukup metang untuk ‘dipanen.’
  4. Mematangkan sel telur dengan menyuntikkan obat agar siap ‘dipanen.’
  5. Pengambilan sel telur, kemudian diproses di laboraturium.
  6. Pengambilan sperma suami (pada hari yang sama). Jika tidak ada masalah, pengambilan dilakukan lewat masturbasi. Jika bersamalah, pengambilan sprema langsung dari buah zakar melalu operasi.
  7. Pembuahan atau (fertilisasi) di dalam media kultur di laboraturium. hasilnya embrio.
  8. Transfer embrio kembali ke dalam rahim agar terjadi kehamilan, setelah embrio terbentuk.
  9. Penunjang fase luteal untuk mempertahankan dinding rahim. Dokter emberi obat untuk mempertahankan dinding rahim ibu agar terjadi kehamilan.
  10. Terakhir, proses simpan beku embrio. Jika ada embrio lebih, bisa disimpan untuk kehamilan selanjutnya.
Klinik Bayi Tabung Di mana?

Siloam Hospital Surabaya.
Telp. 031-503 1333
Klinik Melati, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta.
Telp. 021- 566 8284
Klinik Morula, Rumah Sakit Bunda Jakarta.
Telp. 021-3192 2005
Klinik Permata Hati RS dr.Sarjito Yogyakarta.
Telp. 0274-587 333
Aster Fertility Clinic, Bandung.
Telp. 022-7081 3800